Rio Adhitya Cesart

Kita Berbagi Masalah Kita Berbagi Solusi

SNMPTN, Seleksi Nasional atau Seleksi Nasib ???

     Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur yang harus ditempuh siswa siswi SMA/SMK/MA untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkannya. Sistem seleksi ini bisa diikuti oleh seluruh siswa dari seluruh SMA/SMK/MA yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya terpancang aturan pendaftar berada dalam posisi 50 besar sekolah.
     SNMPTN sendiri menjadi jalur primadona mengingat kuota dari SNMPTN sebanyak 60% dan juga karena SNMPTN tidak menggunakan sistem tes tulis sehingga meski mendaftar SNMPTN, mereka bisa fokus menghadapi  UAS/UP/US/UN. SNMPTN yang sebelum tahun 2013 bernama SNMPTN Undangan sendiri dari dulu hingga sekarang masih menyisakan misteri bagi para pendaftarnya, orang tua mereka, serta bagi masyarakat awam. Bagi masyarakat awam, SNMPTN itu mendaftar, kemudian berdoa sembari menunggu pengumuman lulus seleksi atau tidak. 
     Banyak siswa yang disekolahnya pandai, justru tidak diterima SNMPTN, sedangkan teman-temannya yang biasa saja justru bisa diterima. Sehingga sangat wajar jika kini SNMPTN bagi masyarakat awam bukan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, tetapi Seleksi Nasib Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Apalagi ditambah sikap pemerintah yang tidak terbuka kepada publik perihal SNMPTN, cara penilaiannya,serta sekolah mana saja yang di blacklist. 
     Seperti sudah dijelaskan di awal, mereka hanya mendaftar, kemudian menunggu pengumuman diterima atau tidak. Begitupun dengan sistem blacklist, calon pendaftar tidak tau sama sekali hingga tiba-tiba saat mulai pembukaan SNMPTN guru BK mereka berkata "maaf, tahun ini sekolah kita tidak ikut SNMPTN karena di-blacklist". Semua hanya bisa diam menunggu nasib mereka apakah diterima SNMPTN, ataukah tidak diterima melalui jalur ini atau bahkan yang lebih parah lagi tidak diperkenankan mendaftar dikarenakan sekolahnya terkena blacklist. Jadi apakah salah jika masyarakat awam menganggap SNMPTN adalah Seleksi Nasib Masuk Perguruan Tinggi Negeri ??????
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SNMPTN, Seleksi Nasional atau Seleksi Nasib ??? "