Rio Adhitya Cesart

Kita Berbagi Masalah Kita Berbagi Solusi

Jelajah Curug Siangin

Purbalingga merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian barat Propinsi Jawa Tengah. Saat ini Purbalingga sedang giat – giatnya mengembangkan potensi wisata yang ada, terutama wisata alam. Terbukti sudah banyak desa wisata yang berdiri dan tersebar di berbagai kecamatan. Potensi wisata yang dapat dikembangkan berupa panorama gunung / bukit, sungai, curug maupun wisata edukasi seperti kesenian.
Sudah sejak lama Purbalingga dikenal sebagai kota seribu curug karena memang banyak terdapat curug di kabupaten ini, khususnya di Purbalingga sebelah utara yang secara topografi berupa pegunungan / perbukitan. Beberapa curug khususnya di daerah desa wisata sudah mulai dikelola dengan baik sehingga lebih mudah diakses. Namun masih banyak pula curug yang masih belum terjamah pembangunan. Salah satunya yaitu Curug Siangin yang terletak di Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga.
Sebenarnya akses untuk menuju curug ini relatif mudah, terutama jika menggunakan motor. Namun kurangnya informasi penunjuk jalan menyebabkan curug ini amat sangat kalah populer dengan Curug Sumba yang berada di sebelah selatannya, hanya berbeda jalan masuk saja. Apabila anda dari arah Purbalingga, sesampainya di batas kecamatan Bobotsari dengan Karangreja, terdapat sebuah jalan kecil di kanan jalan, itulah jalan menuju Curug Sumba (saat ini nampaknya telah ada baliho besar untuk menunjukkan lokasi Curug Sumba). Sedangkan untuk menuju Curug Siangin, dari batas kecamatan tersebut masih sedikit maju ke arah utara hingga ada sebuah jalan kecil di kanan jalan dan terdapat sebuah gardu yang melintang di atas batas jalan tersebut dengan jalan propinsi, itulah jalan menuju Curug Siangin. Selanjutnya ketika menemui pertigaan, belok ke kiri terus hingga jalanan berakhir pada sebuah kompleks “Pesarean”.
Kendaraan dapat diparkir di halaman rumah warga, atau sebelum kompleks “Pesarean”. Selanjutnya perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki. Saat penulis menjelajah ke Curug Siangin pada 6 Juni 2015 sama sekali belum ada penunjuk arah apapun, sehingga penulis mengandalkan intuisi dan sesekali bertanya pada warga yang kebetulan berpapasan. Perlu kecermatan, kehati-hatian dan tetap fokus saat menuju Curug Siangin karena anda akan menemui dua aliran sungai yang kemudian menjadi satu (tempuran sungai). Sungai yang pertama adalah sungai yang melintang dari arah barat, dan sungai yang satunya lagi adalah sungai yang membujur dari arah utara. Curug Siangin terletak di sungai yang berasal dari arah utara. Kita berjalan lagi sejenak dan sampailah pada Curug Siangin. Curug Siangin terdiri dari satu air terjun utama dan beberapa air terjun yang berukuran kecil. Pemandangan yang tersaji sangat indah, perpaduan antara air yang bening kehijauan dan batu gunung, serta rimbunan semak yang menghiasi dinding tebing.

Meski demikian penulis memang harus mengakui suasana di curug ini sedikit “berbeda” dengan curug lainnya yang sudah pernah penulis jelajahi, meskipun sama-sama jauh dari pemukiman penduduk. Mungkin hal ini disebabkan saat perjalanan kita harus melewati kompleks pemakaman sehingga secara tidak langsung timbul rasa khawatir pada alam bawah sadar penulis. Selain itu kompleks curug ini dapat dikatakan “agak gelap” karena masih sangat lebatnya pohon, termasuk saat kita memandang ke arah hilir. Biasanya saat kita menjelajahi curug, hilir curug cenderung lurus dan lega sehingga memudahkan cahaya masuk, namun pada Curug Siangin, hilir curug nantinya bertemu dengan sebuah sungai sehingga arah aliran berbelok ke timur, sedangkan di selatan masih rimbun pepohonan sehingga menyulitkan cahaya masuk karena kurangnya area yang luas untuk cahaya masuk. Oleh karena itu penulis berpesan agar selalu fokus, menjaga tata krama serta ingat akan Allah SWT saat menjelajah curug ini. Meskipun demikian, Curug Siangin tetap layak dijadikan destinasi wisata curug anda selama di Purbalingga, selagi curug ini masih tersembunyi, belum booming macam saudaranya yaitu Curug Sumba di Tlahab Kidul dan Curug Silintang di Tlahab Lor. Selamat berwisata.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jelajah Curug Siangin"